RUMKITAL dr. MIDIYATO SURATANI IKUTI PERTEMUAN VALIDASI DATA LOGISTIK TBC PADA SISTEM INFORMASI TUBERKULOSIS (SITB)

TNI Angkatan Laut. Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antar instansi kesehatan di Kota Tanjungpinang, Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang ikuti Pertemuan Validasi Data Logistik Tuberkulosis (TBC) pada Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Sei Jang, Jl. Arif Rahman Hakim Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Selasa (06/12/2022) 

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Bapak Sri Handono SKM., M.Si., dihadiri perwakilan dari Rumkital dr. Midiyato Suratani, ASN Lundu, A.Md.Kep., yang kesehariannya menjabat sebagai perawat pelaksana lanjutan dan para peserta lainnya terdiri dari perwakilan setiap Rumah Sakit, Puskesmas di Kota Tanjungpinang.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Presiden (Perpres) RI No. 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis. Menurut mandat Perpres ini, Strategi Nasional Eliminasi TBC dilakukan dengan penguatan manajemen program melalui perencanaan, pemantauan, dan analisis ketersediaan logistik TBC di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta. 

Sebagai tindak lanjut, pertemuan tersebut mendapatkan beberapa kesepakatan diantaranya seluruh fasilitas kesehatan di Kota Tanjungpinang harus melakukan permintaan logistik TBC melalui Sistem Informasi TBC (SITB) per triwulan, stok opname di SITB diharapkan menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan faskes setiap bulannya, faskes melakukan penyesuaian mandiri logistik pertanggal 30 November 2022 dan akan dievaluasi tanggal 12 November 2022, obat Monoresistan INH tersedia di Dinkes Provinsi Kepri dan akan didistribusikan di kota Tanjungpinang.

Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M Kamil, Sp.B., pada kesempatan berbeda menuturkan, "Rumkital dr. Midiyato Suratani siap mendukung program pemerintah dalam pengentasan penyakit Tuberkulosis, kegiatan ini sesuai dengan salah satu kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu dimana pun TNI AL berada harus memberikan manfaat kepada rakyat". 

"Dalam kegiatan program Tuberkulosis mulai dari penemuan kasus TBC, diagnosis, pengobatan serta pencegahan, peran manajemen logistik menjadi penting, pengelolaan logistik yang optimal dapat mendukung program pencapaian eliminasi TBC khususnya di Provinsi Kepri", pungkas Karumkit. (HUMAS MDT)