JALESVEVA JAYAMAHE ! RUMKITAL Dr. MIDIYATO SURATANI GELAR UPACARA PERINGATAN HUT KE-79 TNI AL

TNI Angkatan Laut. Suasana khidmat dan penuh semangat patriotisme menyelimuti Lapangan Apel Rumkital Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, pada Selasa (10/09/2024) pagi. Seluruh prajurit, ASN dan PPNPN yang bertugas di rumah sakit tersebut berdiri dengan gagah mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024.

Mengangkat tema "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju", upacara dipimpin langsung oleh Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., selaku Inspektur Upacara. Turut serta dalam barisan upacara, Mayor Laut (K) drg. Adi Rizal Soleh, Sp.BM., M.Ked., Klin., bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dalam upacara tersebut, Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. Beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI AL atas profesionalitas, dedikasi dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Pada kesempatan ini, saya ucapkan Dirgahayu ke-79 TNI Angkatan Laut bagi seluruh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dimanapun bertugas dan berada. Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia", tutur beliau.

Lebih lanjut, Panglima TNI menuturkan bahwa upacara hari jadi ke-79 TNI AL Tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri.

"Sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju", tuturnya.

Momentum bersejarah ini, tutur Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., melambangkan tranformasi organisasi TNI AL menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

"Kita juga patut bersyukur bahwa di tengah berbagai situasi yang sulit ini, TNI AL selalu hadir dan mampu menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah dalam berbagai misi perdamaian dunia, penanggulangan bencana alam dan khususnya mobilisasi laut untuk misi mulia pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina", tambah beliau.

Selain itu, TNI AL sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Untuk itu, saya berharap profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam", harap Panglima TNI.

Berkaitan tahun 2024 ini yang merupakan tahun politik menuju Pemilihan Kepala Daerah serentak bulan November nanti, tidak bosan-bosan, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengingatkan, kepada segenap prajurit TNI AL untuk menjaga komitmen Netralitas TNI.

"Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 diantaranya bahwa TNI tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya", tegas Panglima TNI.

Pada moment HUT ke-79 TNI AL, tak lupa Karumkital Dr. Midiyato Suratani juga menyampaikan penekankan dari Panglima TNI kepada para prajurit sebagai berikut, bekerjalah dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas, jadilah TNI yang PRIMA dan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global, jaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista laut yang dimiliki, lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Laut yang berwawasan internasional, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas dan soliditas TNI dengan Polri dan Kementerian/Lembaga lain berbasis Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI. (HUMAS MDT)