KARUMKITAL Dr. MIDIYATO SURATANI HADIRI UPACARA PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH DIKMATA TNI AL ANGKATAN XLIV SATDIK I

TNI Angkatan Laut. Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., menghadiri Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLIV TA. 2024 Satuan Pendidikan (Satdik) I Kodiklatal, Tanjung Uban, Kelurahan Tanjung Uban Kota, Kabupaten Bintan. Kamis (04/07/2024)

Sebanyak 102 prajurit Dikmata TNI AL Angkatan XLIV TA. 2024 Satdik I dilantik secara langsung oleh Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.Han. Dalam amanatnya Dankodiklatal mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Y.M.E., Allah S.W.T., serta dengan rasa bahagia dan bangga mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan menjadi Tamtama TNI Angkatan Laut dengan pangkat Klasi Dua.

"Semoga Pendidikan Dasar Keprajuritan saudara yang tanggap, tanggon dan trengginas serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam pendidikan dasar golongan lanjutan yang akan dilaksanakan selama dua bulan di Satdik I", tutur beliau.

Melalui sumpah yang baru saja diucapkan, saat ini para siswa secara resmi telah menjadi prajurit TNI AL.

"Untuk itu saya ingatkan bahwa saudara telah berjanji kepada Tuhan Y.M.E., Allah S.W.T., untuk menjalankan segala kewajiban sebagai seorang prajurit Jalasena dengan penuh tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan yang dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL", tambah Dankodiklatal.

Lebih lanjut, dalam pendidikan dasar golongan lanjutan nanti para siswa akan dibekali dengan pengetahuan serta ketrampilan profesi matra laut sesuai dengan korps dan kejuruan masing-masing.

"Untuk itu pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa arahan yang perlu dipahami dan dilaksanakan, yang pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Y.M.E., Allah S.W.T., sebagai landasan moral dan mental dalam mengikuti pendidikan, kedua, laksanakan semua norma peraturan dan tata tertib pendidikan yang berlaku di lingkungan Satdik I Kodiklatal dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL, yang ketiga, laksanakan setiap tugas dengan penuh tanggung jawab dan disiplin yang tinggi guna mendukung kelancaran selama mengikuti pendidikan dasar golongan. Keempat, tumbuhkan kebanggan jiwa korsa dan kepedulian antar sesama siswa yang telah terbentuk dengan saling membantu dan mengatasi setiap problem pendidikan dan kelima, pertahankan dan bina terus kondisi fisik dan mental serta jaga kesehatan guna mendukung semua tugas-tugas pada tahap pendidikan dasar golongan lanjutan", tegas Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.Han.

Di akhiri amanatnya, beliau juga mengucapkan terima dan penghargaan yang tinggi kepada Pangkogabwilhan I, Pangkoarmada I, Danlantamal IV Batam serta semua pihak yang mendukung terselenggaranya pendidikan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

"Kepada Komandan Satdik I beserta staf, para instruktur dan pembimbing siswa saya juga mengucapkan terima kasih atas segala usaha dan kerja kerasnya sehingga pendidikan tahap dasar keprajuritan dan dasar golongan dapat berjalan sesuai dengan rencana, selanjutnya saya berharap untuk melaksanakan program pendidikan tahap dasar golongan lanjutan dengan sebaik-baiknya", pungkas Dankodiklatal.

Diakhir upacara, kegiatan kemudian dimeriahkan dengan demonstrasi ketangkasan prajurit siswa Satdik I Kodiklatal, antara lain Demo Bongkar pasang senjata jenis SS2 dan Pistol G2 Combat dengan mata tertutup, Demo Bela diri karate dan Demo Teknik tempur dasar pembebasan sandera. (HUMAS MDT)