KARUMKITAL Dr. MIDIYATO SURATANI HADIRI UPACARA PERINGATAN HUT KE-79 KEMERDEKAAN RI TINGKAT PROVINSI KEPRI

TNI Angkatan Laut. Karumkital Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., menghadiri Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", bertempat di Halaman Gedung Daerah, Jl. S. M. Amin, No.1, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Sabtu (17/08/2024)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., dan selaku Komandan Upacara (Danup) Komandan Yonif 136/Tuah Sakti Letkol Inf. Gede Agus Dian Pringgana, S.Sos., M.M.A.S. Dalam amanatnya, Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dalam proses percepatan pembangunan di Provinsi Kepri sekaligus penyelenggaraan kegiatan bulan kemerdekaan tahun ini.

Beliau juga mengajak seluruh elemen masyarakat supaya menghargai jasa pahlawan pendahulu bangsa karena kemerdekaan tidak diperoleh melalui pemberian tetapi dari hasil perjuangan panjang, pengorbanan dan semangat para pahlawan bangsa melawan penjajah. HUT ke-79 Republik Indonesia menjadi momentum merefleksikan sendi-sendi kebangsaan dan kenegaraan melalui jasa mulia para pahlawan yang dipimpin proklamator Ir. Soekarno dan didampingi Drs. Mohammad Hatta.

"Sebagai bangsa besar yang tak lupa dengan jasa para pahlawan, maka kita perlu berbuat, bertindak dan berpikir dengan melaksanakan percepatan pembangunan di Bumi Segantang Lada ini", tambah beliau.

H. Ansar Ahmad juga menambahkan saat ini kedudukan Indonesia di mata dunia semakin diperhitungkan. Indonesia kini menjadi trendsetter atau penentu tren, bukan follower atau pengikut. Pada usianya yang ke-79 tahun, Indonesia semakin penuh percaya diri menghadapi tantangan dan hambatan yang semakin tak menentu di era saat ini. Beliau juga menuturkan bahwa Indonesia adalah daerah kepulauan dengan 17 ribu pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke, lalu Miangas ke Pulau Rote.

"14 persen pulau ada di Kepri sebagai pelopor kemajuan NKRI, sebagai permata biru ekonomi di gerbang utara Indonesia. Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat namun kita belum berlabuh di labuhan adil, maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak, tetap lanjutkan kobaran semangat juang demi terwujudnya Nusantara Baru Indonesia Maju, melalui perwujudan kemajuan Kepulauan Riau", pungkas Gubernur Provinsi Kepri.

Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Kepri di Halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang, berlangsung khidmat yang dihadiri ribuan undangan dari unsur TNI - Polri, pemerintahan, instansi vertikal, pejuang veteran kemerdekaan, mantan kepala daerah/gubernur, tokoh agama, adat, pemuda serta masyarakat. Sebanyak 33 personel Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Kepri tahun 2024 yang bertugas, berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara tersebut. (HUMAS MDT)