Karumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B.,FiCS.,FinaCS ikuti Acara Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA. 2022.

Karumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B.,FiCS.,FinaCS mengikuti Acara Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA. 2022, dengan mengusung tema "Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global” yang diselenggarakan di Halaman Belakang Kantor Dinas Sosial Pulau Dompak Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, yang dibuka langsung melalui Video conference secara terpusat oleh Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, dikawasan Mangrove Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga Kab. Tanggerang Prov. Banten, Selasa ( 26/7/2022 )

Adapun Pejabat yang hadir dalam kegiatan di Halaman Belakang Kantor Dinas Sosial Pulau Dompak Tanjungpinang Provinsi Kepri, diantaranya, Gubernur Kepri, diwakili oleh Bpk. Misbardi S.Sos.,M.Si , selaku Asisten III, Pangkogabwilhan I, diwakili oleh Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar S.I.P, selaku Kaskogabwilhan, Danlantamal IV Tpi, Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos.,M.Si., Ka Zona Maritim Barat, diwakili oleh Kolonel Laut (P) Joko Prasetyo A.Md selaku Kabagum, Walikota Tanjungpinang, diwakili oleh Endang Abdullah ,S.kp.,M.Si, selaku Wakil Walikota Tanjungpinang, Wadan Lantamal IV, Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, serta. Pejabat Utama dan Kasatker di Lingkup Lantamal IV.

Sementara nampak dilayar, pejabat yang hadir dikawasan Mangrove Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga Kab. Tanggerang Prov. Banten diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., Pj. Gubernur Provinsi Banten, Dr. Al. Muktabar M.Sc, Para Duta Besar Negara Sahabat. Penjabat utama di Lingkup TNI AL.

Dalam sambutannya Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar kedua dan menjadi poros maritim dunia sesuai yang dicanangkan oleh Bapak Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo, dengan berdasar kesadaran Laut adalah harapan dan laut adalah masa depan, kita sebagai bangsa maritim menyadari mangrove sebagai sumberdaya alam memiliki potensi besar dalam penyerapan emisi gas Karbon dan dapat menjaga ekosistem kelautan sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Diakhir sambutannya Kasal juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berkontribusi langsung dalam menyukseskan acara ini sehingga sinergitas kesemestaan dapat dilaksanakan, dan menghimbau agar kita semua tidak berhenti berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar mendapatkan ridho dan rahmat Nya dalam upaya kita menjaga kelestarian ekosistem Mangrove demi kepentingan bangsa dan negara.

Adapun sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. S adalah pertama marilah Kita bersyukur kepada Tuhan atas terselenggaranya kegiatan ini, karena Penanaman Mangrove ini adalah agenda penting dalam program kerja nasional dan didukung oleh TNI khususnya TNI AL bersama Rakyat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menegaskan Bangsa Indonesia mempunyai komitmen kepada dunia untuk mengurangi Emisi gas Karbon dan rumah kaca dan direalisasikan dengan program-program pelestarian lingkungan hidup.

Diakhir sambutannya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan secara nasional manfaat penanaman Mangrove ini yang terpenting untuk ketahanan nasional dan secara global untuk ketahanan iklim. 

Kegiatan penanaman mangrove nasional dilaksanakan di 77 lokasil jajaran TNI AL diseluruh Indonesia sesuai dengan HUT Ke-77 RI Tahun 2022 dan tercatat sebagai rekor MURI yang mana mencatatkan penanaman bibit mangrove sebanyak 1.000.377 bibit secara serentak. ( HUMAS MDT )