KUSRI AGAMA TEGUHKAN IMAN DAN TAKWA PERSONEL RUMKITAL dr. MIDIYATO SURATANI

TNI Angkatan Laut. Kuliah Siraman Rohani (Kusri) Agama merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap hari Rabu di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, kegiatan siraman rohani ini dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL. 

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Prajurit, ASN dan PPNPN Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, dilaksanakan di dua tempat berbeda dilingkungan Rumkital setempat, yakni bagi umat Islam di Musholla Ar Rasyid dan umat Kristiani di Longroom Perwira Rumkital dr. Midiyato Suratani, Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Rabu (07/12/2022)

Kegiatan di Musholla Ar Rasyid kali ini membahas makna dibalik musibah yang disampaikan oleh Ustadz Rizaldi Siregar, S.Ag., M.A., antara lain menyampaikan bahwa musibah sebagai ujian atau cobaan yang diberikan Allah Azza Wa Jalla agar kita bisa introspeksi diri. 

Manusia yang sabar dalam menghadapi ujian, musibah ataupun fitnah akan disukai oleh Allah sebagai balasannya diberikan Rahmat dan kasih sayang Allah Azza Wa Jalla, sesuai dengan Firman Allah dalam QS.Al Baqarah ayat 155, "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar".

"Hikmah dari musibah adalah untuk melatih kesabaran serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Azza Wa Jalla, bagi orang yang ikhlas dan sabar akan dinaikan derajatnya serta sebagai penghapus dosa yang telah lalu, itulah tanda cinta Allah kepada umatnya", tambah Ustadz Rizaldi Siregar.

Diakhir ceramah disampaikan sikap seorang hamba saat tertimpa musibah adalah mengintrospeksi diri, berbaik sangka, memperbaiki diri dalam ibadah dan perbanyak bersyukur kepada Allah Azza Wa Jalla.

Sementara kegiatan kusri Agama Kristen di Longroom Perwira menyampaikan firman Tuhan dari kitab Roma 12 ayat 1-8 oleh Kasubbag Fasilitas Dep. Jangklin, Mayor Laut (K) Binamin, A. Md., yaitu persembahan yang benar hendaklah kita hidup kudus dan berkenan kepada Allah, karena itulah ibadah yang sejati makna dibalik musibah. (HUMAS MDT)