Penyuluhan kesehatan Oleh Kaur Rikkes Subbag KUBT Dep Kesla, Kapten Laut (K) dr. Fransiskus Seta Sp.BA di Kelas Bang Diklat RSAL dr. Midiyato Suratani

Bertempat di Ruang Kelas Bangdiklat RSAL dr. Midiyato Suratani,  telah dilaksanakan penyuluhan kesehatan dengan materi Pediatric Trauma dengan Narasumber Kaur Rikkes Subbag KUBT Dep Kesla , Kapten Laut (K) dr. Fransiskus Seta Sp.B, diikuti oleh Perwakilan Militer, ASN, PPNPN dan dokter Internship sebanyak 33 Personel. Kamis (28/7/2022) 

Dalam kegiatan penyuluhan yang disampaikan oleh Kaur Rikkes Subbag KUBT Dep Kesla, antara lain : 

Menjelaskan pola ABC-SBAR untuk trauma, Menjelaskan tidak melakukan pemeriksaan diagnostik yang tidak mengubah tindakan (mis., DPL atau CT Scan). Tetapi, prosedur yang memperbaiki atau stabilisasi kondisi yang mengancam jiwa harus dilakukan dengan secepatnya.
Menjelaskan tentang serah terima pasien rujukan. 

Menjelaskan tentang mechanism of Injury, Injury sustained, signs & symptoms, treatment. Menjelaskan tentang Airway dan pembatasan gerakan tulang belakang, dukungan pernapasan dan ventilasi, kontrol sirkulasi dan perdarahan, disabilitas (evaluasi neurologis), eksposur dan pengendalian lingkungan.

Menjelaskan tentang kewaspadaan Kekerasan terhadap anak yaitu dengan memeriksa Luka/Memar berwarna-warni ( luka/ memar dengan tingkat penyembuhan yang berbeda), Seringnya cedera, bekas luka/jaringan parut atau bekas fraktur/callus pada rontgen, luka Perioral, luka di area genital atau perianal.

Keadaan pediatric trauma dpt disebabkan berbagai macam faktor diantaranya kecelakaan, bullying, mengalami kekerasan Jika sampai trauma yang dialami anak tidak ditangani dengan benar, bukan tak mungkin dapat mengancam jiwa dan juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak akan terhambat. 

Dengan dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang pediatric trauma pada hari ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi yang penting terutama pada masalah kesehatan bagi Tenaga Kesehatan di RSAL dr. Midiyato Suratani. ( HUMAS MDT )