Prajurit, ASN dan PPNPN Rumkital dr. Midiyato Suratani Ikuti “Kusri Agama”

Dalam rangka pembinaan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, para Prajurit, ASN dan PPNPN Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang mengikuti kegiatan Kuliah Siraman Rohani (Kusri) Agama, yang dilaksanakan secara serentak di dua tempat Rumkital setempat, Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu, (21/09/2022) 

kegiatan Kusri Agama yang rutin dilaksanakan ini diadakan di dua tempat berbeda, yakni bagi umat Islam di Musholla Ar Rasyid dan umat Kristiani di Longroom Perwira Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang. 

Kegiatan di Musholla Ar Rasyid kali ini membahas Fiqih pengertian dan makna air untuk bersuci yang disampikan oleh Ustadz Hasanuddin, S.HI, dari Forum Komunikasi Muballig kota Tanjungpinang, yang antara lain mengatakan bahwa didalam berwudhu atau mandi janabah harus memahami air yang suci dan mensucikan, karena dalam ajaran Islam air terdiri dari beberapa macam pembagian, air sangat menentukan sah atau tidaknya wudhu untuk sholat atau ibadah-ibadah lainnya yang dilaksanakan.

Sementara kegiatan kusri agama Kristian di Longroom Perwira dipimpin Kepala Departemen Saraf Jiwa dan Rehabilitasi Medis  (Kadep Saware), Letkol Laut (K) dr. Donald Hotma D.P.M, Sp.THT yang dengan ayat pembimbing diambil dari Alkitab Matius 5 : 21-26, inti dari uraian firman Tuhan yang disampaikan adalah setiap orang yang mau mengupayakan hidup damai dengan sesama maka akan menikmati perbincangan dengan Tuhan tanpa hambatan.

Turut hadir dalam kegiatan Kusri Agama tersebut ketua dan pengurus Paguyuban Purna Bhakti Kesehatan TNI AL (PPBKAL) Tanjungpinang.

Kusri Agama sebagai pembinaan rohani dilaksanakan untuk menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, tentang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Trisila TNI AL. (HUMAS MDT)