Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Laksanakan Dukungan kesehatan di Ausindo AAJEX 2022

Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang laksanakan dukungan kesehatan/evakuasi medis dalam Latihan Bersama Australia-Indonesia Amphibious Assault Joint Exercise 2022 di Pantai Todak, Dabo Singkep, Minggu (20/11/2022)

Kegiatan yang ditinjau langsung oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono ini diikuti oleh seluruh personel TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Latihan Ausindo AAJEX 2022, mulai dari pasukan Intai Amfibi (Taifib), Komando Pasukan Katak (Kopaska), Penyelam Dislambair Koarmada I, Pasukan Marinir dan Pasukan Militer Australia dalam melaksanakan gelombang pendaratan pasukan marinir, penguasaan perimeter pantai dan penyelesaian sasaran.

Besarnya peranan TNI AL dalam pelaksanaan latihan ini merupakan implementasi dari komitmen Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang menegaskan TNI AL selalu siap bekerja sama dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan Indo - Pasifik, baik di bidang operasi, latihan, hingga bidang pendidikan, dan sesuai dengan arahan beliau bahwa latihan ini harus tetap mengutamakan zero accident, karena sejak awal sudah dilaksanakan staff meeting maka latihan dilaksanakan sesuai prosedur yang ada. 

Sebagai langkah antisipasi dalam latihan bersama Ausindo AAJEX 2022 kali ini, disamping menurunkan satu Tim Medis beserta ambulance, Rumkital dr. Midiyato Suratani juga ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan kegawatdaruratan lanjutan, karena dirumah sakit yang telah terakreditasi paripurna ini memiliki layanan unggulan hiperbaric chamber, yang merupakan terapi bagi para penyelam yang mengalami dekompresi, keracunan gas nitrogen dan emboli udara akibat penyelaman.

Disamping menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, Ausindo AAJEX 2022 merupakan latihan bersama untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan meningkatkan profesionalisme prajurit, tangguh dalam menghadapi segala ancaman dan tantangan tugas-tugas kedepan. (HUMAS MDT)