Rumkital dr. Midiyato Suratani Adakan Penyuluhan Kesehatan Fitness To Fly Personil Penerbangan

Dalam rangka mendukung kesiapan operasi serta kesiapan unsur udara dalam evakuasi medis penanganan wabah Covid-19, Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Adakan Penyuluhan kesehatan Fitness to Fly Menjaga Pola Hidup Sehat Personil Penerbangan dengan Narasumber Kasubbag Poli Kandungan, Mayor Laut (K) dr. Ostririahta, Sp.OG., M.Biomed, diikuti oleh Awak Pesawat Udara Wing Udara I/Puspenerbal sebanyak 50 Personel, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Wing Udara I/Puspenerbal, Jl. Nusantara Km 12,5 KotaTanjungpinang, Kepri, Senin (14/11/2022) 

Dan Wing I/Puspenerbal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M. Tr.Hanla.,M. M, tampak hadir langsung mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

Dalam penyampaian materi oleh dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumkital dr. Midiyato Suratani, Mayor Laut (K) dr. Ostririahta, Sp.OG., M.Biomed, pada intinya Narasumber menjelaskan cara menjaga pola jantung sehat yaitu rutin dan teratur berolahraga, pahami kadar lemak (lipid) darah, kelola tekanan darah, makan makanan yang sehat dan bergizi, pertahankan berat badan yang sehat dan ideal, pahami risiko diabetes, berhenti merokok agar terhindar dari penyakit Hipertensi, Aritmia, Stroke, juga serangan Jantung yang terjadi dengan tanda dan gejala apabila irama jantung tidak teratur, merasa ada tekanan, terasa berat atau nyeri pada dada Pusing Kesulitan bernapas atau napas terasa pendek.

Lebih lanjut Narasumber menyampaikan pentingnya cara menjaga pola makan yang sehat yaitu dengan mengonsumsi jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mendapatkan dan menjaga berat badan yang sehat dan ideal, minimalkan asupan makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makan makanan yang bergizi seimbang, Kurangi asupan garam, buatlah pilihan makanan yang sehat saat makan jauh dari rumah, selalu membaca dan memahami label makanan yang dikonsumsi untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 yaitu kencing manis akibat gaya hidup.

Diakhir materi Narasumber juga menjelaskan pentingnya menjaga pola tidur, pola mental, pola gerak yang sehat dengan latihan aerobik dan anaerobik bagi personel penerbangan. 

Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang merupakan unsur pelaksana di bawah naungan Dinas Kesehatan TNI AL, yang senantiasa melaksanakan fungsi pembinaan kesehatan preventif, kuratif, dan rehabilitatif untuk mencegah, menanggulangi, serta mengobati penyakit menular maupun tidak menular guna meningkatkan kualitas hidup bagi para prajurit dan keluarga beserta Masyarakat. 

Seusai menyampaikan materi penyuluhan kesehatan, kegiatan ditutup dengan peninjauan ke pesawat untuk memantau fasilitas, persiapan dan kendala dalam pelaksanaan Evakuasi Medis Udara (EMU), kegiatan berlangsung dengan tertib, berjalan lancar dan aman. (HUMAS MDT)