RUMKITAL Dr. MIDIYATO SURATANI HADIR DALAM FGD TENTANG UPAYA PERCEPATAN IMPLEMENTASI SIMRS UNTUK KEPERLUAN BACK OFFICE DAN KEBIJAKAN IMPLEMENTASI SIMRS DAN SIRS

TNI Angkatan Laut. Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., menghadiri Undangan Focus Group Discussion (FGD) dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tentang Upaya Percepatan Implementasi SIMRS Untuk Keperluan Back Office dan Kebijakan Implementasi SIMRS dan SIRS via Zoom Meeting, bertempat di Rupat Karumkital Dr. Midiyato Suratani Jl. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Kamis (28/03/2024)

Turut hadir mendampingi Karumkital Dr. Midiyato Suratani, Wakabin Kolonel Laut (K) dr. Arif Supono, Sp.B., Onk., Kabag Renproga Mayor Laut (K) Galih Handoko, Kabag Minmed Mayor Laut (K) Candra Wijayanto, A.Md., S.K.M., dan Ka Akun Mayor Laut (S) Ahmad Richard.

Kegiatan ini merupakan sebuah forum diskusi yang diadakan dengan tujuan untuk membahas langkah-langkah konkret dalam mempercepat penerapan SIMRS di rumah sakit. Selain Kemenkes RI, dalam FGD ini juga diikuti oleh sekitar 70 peserta dari perwakilan Fasilitas Kesehatan (Faskes) TNI-Polri.

Dalam diskusi tersebut, berbagai topik dibahas, mulai dari peningkatan efisiensi proses administrasi rumah sakit di bagian Back Office hingga perumusan kebijakan yang mendukung implementasi SIMRS dan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) secara menyeluruh. Para peserta FGD berbagi pengalaman, tantangan dan solusi terkait dengan penerapan SIMRS, serta bertukar informasi mengenai praktik terbaik dan inovasi terbaru dalam pengelolaan informasi kesehatan di rumah sakit.

Hasil dari FGD ini diharapkan akan menjadi panduan bagi rumah sakit dalam mempercepat implementasi SIMRS, meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, rekomendasi dan kesepakatan yang dihasilkan dari diskusi ini dapat menjadi dasar bagi pihak terkait, termasuk pemerintah dan lembaga terkait, dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam sektor kesehatan secara lebih luas. (HUMAS MDT)