Rumkital dr. Midiyato Suratani Hadiri Upacara Dalam Rangka HUT ke-77 Korps Marinir TNI AL TA. 2022

Mewakili Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkit) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., Dansatma, Letkol Marinir Rudi Hartono M.Tr.Opsla, menghadiri kegiatan upacara dalam rangka HUT ke-77 Korps Marinir, dipimpin oleh Danyon Marhanlan IV, Mayor Marinir Irfan Bhatara,S.E, dengan mengusung tema "Korps Marinir TNI-AL sebagai Prajurit Jalasena yang Profesional, Modern dan Tangguh siap Mendukung Indonesia pulih lebih cepat Bangkit lebih kuat ", bertempat di Lapangan Tembak Yon Marhanlan IV Gurita Perkasa, jl. Ciku, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (15/11/2022).

Upacara Parade melalui Video Conference (Vicon) terpusat di Lapangan Brigade Infantri 1 Sarang Petarung Marinir Cilandak Jakarta Selatan, dipimpin oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono,S.E. M.M sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara dipercayakan kepada Kolonel Marinir Tri Haryanto, S.E, M.Tr.Hanla yang sehari-hari menjabat sebagai Aspers Danpasmar 1.

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah dan dharma bhakti korps Marinir, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pengucapan Sapta Marga, pembacaan amanat, Andika Bhayangkari, dilanjutkan dengan persembahan demonstrasi ketangkasan prajurit Marinir, Freefall, Marcing Band SMA Hang Tuah 2 Jakarta, kolone senapan gabungan Prajurit korps Marinir bersama Marinir Junior terdiri dari SMP N 01, SMP 03, SDIT Al-Hidayah, SDIT Al-Azhar Cilandak, defile Pasukan dan material tempur korps Marinir, ditutup dengan acara pemotongan tumpeng dan pembacaan doa serentak di 33 titik Kesatuan Korps Marinir seluruh Indonesia.

Dalam Amanat kasal yang dibacakan oleh Wakasal menyampaikan, pertama dan utama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat rahmat dan nikmat yang telah diberikan sehingga kita pada hari ini dapat melihat aura tatapan prajurit baret ungu yang menggetarkan jiwa, sebagai prajurit petarung kebanggaan TNI Angkatan Laut dalam rangkaian kegiatan upacara dalam rangka HUT ke-77 Korps Marinir.

Kasal juga menjelaskan bahwa 77 tahun yang lalu di pangkalan Angkatan Laut Tegal terlahir korps marinir, selama perjalanan sejarah Prajurit korps Marinir tidak hanya mewarnai tetapi membentuk sebuah lukisan yang indah dalam setiap dharma bhakti yang telah diberikan kepada nusa dan bangsa dan telah tertoreh dengan tinta emas.

"Korps Marinir telah membuktikan pengabdiannya, baik pada era penjajahan, selanjutnya diera pemberontakan dengan sigap korps Marinir mematahkan setiap gerakan pemberontakan yang berusaha merongrong kesatuan negara Republik Indonesia, dan pada era reformasi korps Marinir berperan penting dalam mengawal keutuhan bangsa dan negara, Ketika negara terancam Marinir tampil terdepan dan tidak pernah meragukan, tidak perduli nyawa terancam, Marinir hantu yang menakutkan bagi setiap lawan, dan menjadi penyejuk bagi rakyat yang membutuhkan", jelasnya.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan Dengan Mengusung tema "Korps Marinir TNI-AL sebagai Prajurit Jalasena yang Profesional, Modern dan Tangguh siap Mendukung Indonesia pulih lebih cepat Bangkit lebih kuat ", Rangkaian kata tersebut adalah wujud kepekaan dan kesetiaan korps Marinir kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kesiapan dalam menghadapi tantangan kedepan yang semakin meningkat dalam menjaga kedaulatan negara dengan membangun alutsista yang modern dan meningkatkan profesionalisme prajurit Marinir.

 

"Pada hari ini tidak lupa kita memberi penghormatan seraya memanjatkan doa terbaik untuk para ksatria samudra yang telah gugur dalam tugas dharma bhakti kepada negara, dan kewajiban kita sebagai prajurit jalasena samudera untuk melanjutkan tugas mulia tersebut, tidak lupa pula saya memberikan apresiasi dan penghormatan kepada prajurit-prajurit petarung Marinir yang telah rela meninggalkan keluarga demi memenuhi panggilan Negara", ungkapnya.

"Ada beberapa penekanan yang saya berikan untuk dipedomani, pertama tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai landasan dalam tugas dan pengabdian, jadilah prajurit sejati yang siap bertempur, jangan pernah menyakiti hati Rakyat, karena TNI berasal dari Rakyat, jaga soliditas TNI dan Polri, dan junjung tinggi kehormatan sebagai prajurit TNI Angkatan Laut", Pungkasnya.

Tampak hadir dalam Upacara di Lapangan Tembak Lantamal IV Gurita Perkasa Jl. Ciku Tanjungpinang, diantaranya Wadan Lantamal IV Batam, Kolonel Mar Andi Rahmad M, Dandenma Lantamal IV Batam, Letkol Mar YD Wawan, Kepala KSOP Tanjungpinang, Letkol Mar B Ginting, kasubdis Dalpersmil Lant IV Batam, Mayor Mar Abdul Khalifah, Kadispen Lant IV Batam, Mayor Mar Hadi Siswanto.

Turut hadir Purnawirawan pada peringatan HUT ke-77 Korps Marinir, dalam menjalin silaturahmi dan mewariskan kebanggaan walaupun dimasa purna tugas diantaranya, Peltu Mar (Purn) Sunawan, Pelda Mar (purn) Rustam Pohan, Pelda Mar (Purn) Darlan, Pelda Mar (Purn) Purnomo, Pelda Mar (Purn) Mujahidin, Serma Mar (Purn) Muslihudin.

Seluruh rangkaian kegiatan selesai, pelaksanaan berjalan dengan lancar dan aman, Jalesu Bhumyamca Jayamahe, Dirgahayu Korps Marinir. (HUMAS MDT)