Rumkital dr. Midiyato Suratani Laksanakan Dukes Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Trikora

Pantai Dolphin Trikora adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang terletak di Kelurahan Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Indonesia, pantai alami ini memiliki ombak yang landai dengan bebatuan indah, dengan kondisi geografis yang strategis ini maka Pangkalan TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang memilih lokasi ini sebagai spot diving pelaksanaan Pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka Hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Sebanyak 63 Penyelam yaitu Prajurit Lantamal IV beserta personel yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesi (POSSI) Provinsi Kepri dengan nomor spot diving 63 untuk Pantai Dolphin Trikora, dipimpin oleh Asisten Staf Operasi (Asops) Danlantamal IV, kolonel laut Agus Izudin ,S.T., selaku Inspektur Upacara, mewakili komandan lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan, S.Sos., M.Si.,  melaksanakan pengibaran bendera merah putih dibawah laut yang dilaksanakan pada pukul 10.10 WIB, Kegiatan tersebut akan mencetak rekor muri dengan dilaksanakan secara serentak di 77 spot diving seluruh Indonesia, dan secara vicon dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., terpusat di Pulau seribu Jakarta. Rabu (17/08/2022)

Sementara itu, Komandan Lantamal IV menekankan kepada seluruh penyelam bahwa dalam penyelaman untuk pengibaran bendera merah putih dibawah laut ini agar memperhatikan faktor keselamatan dan diperhatikan kondisi cuaca agar dapat mempersiapkan tahap-tahap yang sesuai dengan perencanaan.

"Tingkatkan jiwa nasionalisme dan  bangga kepada Tanah Air  Indonesia, serta kita jaga kemerdekaan ini dgn membangun bangsa", Tegasnya.

Sebagai langkah antisipasi dalam pengibaran bendera merah putih dibawah laut Trikora kali ini, Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) dr. Edwin M Kamil, Sp.B., menurunkan satu Tim Medis terbaik beserta Ambulance untuk melaksanakan dukungan kesehatan, disamping itu juga Rumkital dr. Midiyato Suratani ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan kegawatdaruratan, karena dirumah sakit yang telah terakreditasi paripurna ini memiliki layanan unggulan hiperbaric chamber, yang merupakan terapi bagi para penyelam yang mengalami dekompresi, keracunan gas nitrogen dan emboli udara akibat penyelaman, juga secara klinis dapat digunakan untuk penyembuhan luka diabetes mellitus, stroke, ketulian mendadak dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, TNI AL membangun kejayaan maritim, untuk Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. (HUMAS MDT)