Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Gelar Upacara HUT TNI Angkatan Laut Ke-77

Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., memimpin upacara peringatan HUT TNI Angkatan Laut Ke-77 yang digelar di Lapangan Apel Rumkital dr. Midiyato Suratani, Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (12/9/2022).

Tahun ini merupakan tahun pertama TNI Angkatan Laut merayakan HUT setelah dua tahun melalui pandemi Covid-19.

Sebelum pelaksanaan upacara, TNI AL melakukan berbagai rangkaian kegiatan, seperti penanaman bibit sorgum secara serentak di seluruh jajaran TNI AL di 77 lokasi seluruh Indonesia, Gerakan Nasional Laut Bersih secara masif di seluruh Indonesia, serta bakti kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, donor darah, dan khitanan massal di 77 lokasi dengan melibatkan kapal perang Republik Indonesia (KRI).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. dalam amanat yang dibacakan Karumkital dr. Midiyato Suratani menyampaikan, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan telah terukir dalam sejarah dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa ini 77 tahun silam, selama itu pula TNI Angkatan Laut selalu hadir dalam menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.

”Sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia, kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan Nusantara sebagai sumber kehidupan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia", ujar Kasal.

Selanjutnya Kasal menambahkan dalam menjaga wilayah perairan yuridiksi Indonesia, diperlukan TNI Angkatan Laut Yang Modern, profesional dan tangguh, untuk merespon tantangan tersebut TNI Angkatan Laut melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur dengan upaya moderenisasi Alutsista, meningkatkan kemapuan sumber daya manusia dan kesejahteraan untuk menjamin seluruh prajurit bekerja dengan moril tinggi dimanapun ditugaskan.

"Berbagai terpaan dan ujian telah dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu mampu bangkit berdiri lebih kuat dari sebelumnya, seperti halnya Pelaut yang tangguh, bukan pelaut yang tidak pernah mabuk laut bila menghadapi badai dan gelombang, namun Pelaut yang bila mabuk iya tetap berdiri tegak memegang kemudi kemudian membentangkan layar menghadapi badai yang menghadang", pungkas Kasal

Turut hadir dalam upacara tersebut PJU Rumkital setempat yang tergabung dalam pelton deputasi Pamen, sementara itu terlibat sebagai pasukan upacara yang tergabung dalam kompi satu, yaitu satu pelton Pama, satu pelton gabungan Bintara dan Tamtama, satu pelton ASN, dan tergabung dalam kompi dua, satu pelton CPNS serta PPNPN, sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Mayor Laut (K) Sulistriyono, AMF. 

Selama kegiatan berlangsung, pelaksanaan berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Jalesveva Jayamahe.(HUMAS MDT)