Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Laksanakan Penyuluhan Kesehatan Larangan Dietilen Glikol (DEG) Dan Etilen Glikol (EG) Jadi Bahan Obat Sirup

Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang laksanakan kegiatan Apel Pagi dilanjutkan dengan Penyuluhan kesehatan larangan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) jadi bahan obat sirup dengan Narasumber Kabag Farmasi Klinis, Mayor Laut (K) Dadang Mulya Santosa, S.Si diikuti oleh Seluruh Militer, ASN, PPNPN dan dokter Internship, dilaksanakan di Lapangan Apel RSAL dr. Midiyato Suratani, Jln. Ciptadi No.01 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (19/10/2022).

Dengan dilaksanakannya penyuluhan ini, diharapkan bisa memberi edukasi kepada tenaga kesehatan yang ada di Rumkital dr Midiyato Suratani sehingga dapat mencegah dampak resiko ataupun kasus kematian pada anak yang diduga disebabkan konsumsi obat sirup yang terkontaminasi DEG dan EG sebagai zat pelarut tambahan penyebab dari kerusakan ginjal.

Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah mengecek obat-obatan yang masuk harus teregisterasi di badan POM (agar obat tersebut aman), serta segera melaporkan apabila ditemukan obat-obatan yang tidak ada label registrasi badan Pom kepada Departemen Farmasi.

Pengelolaan obat-obatan menjadi hal yang penting dan menjadi tanggung jawab bersama, baik dari Instansi Farmasi sebagai penyedia sediaan farmasi dan alkes, serta dokter dan perawat sebagai pengguna dalam memberikan pelayanan yang prima kepada anggota TNI dan Keluarga serta masyarakat Kepulauan Riau. (HUMAS MDT)