Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Laksanakan Urikkes dan Keswa Puanpur Bagi Prajurit Batalyon 10 Marinir Setokok

Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) dan Kesehatan Jiwa (Keswa) Kemampuan Tempur (Puanpur) bagi Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir Setokok dalam rangka memantau kemampuan fisik prajurit, bertempat di Mako Yonif 10 Marinir Jl. Trans Barelang, Pulau Setokok, Kec. Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/10/2022).

Urikkes dan Keswa Puanpur yang direncanakan berjalan selama sepuluh hari dan menargetkan 200 Prajurit tersebut meliputi pengecekan tekanan darah (Tensi), Ergometri (sepeda ergo + EKG), Spirometri (pemeriksaan fungsi paru), pengukuran ketebalan lemak, Dinamometri (mengukur kekuatan otot) dan Kesehatan Jiwa yang dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan tempur serta kesiapan fisik serta kesehatan seorang prajurit.

Urikkes Kemampuan Tempur di tujukan untuk Prajurit Marinir dan ABK KRI dan untuk tambahan Keswa adalah Urikkes khusus yg di tujukan untuk Prajurit Marinir dan ABK KRI serta untuk Pasukan Khusus, Penyelam, serta Penerbang.

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman, dilaksanakan secara berkala sebagai salah satu bentuk tolak ukur pembinaan personel oleh satuanya guna menyiapkan prajurit yang siap tempur guna menunjang keberhasilan dalam tugas-tugas ke depannya, sehingga dengan pembinaan dan pengecekan kesehatan personel secara berkala diharapkan agar prajurit itu sendiri siap untuk sewaktu waktu mendapat perintah panggilan tugas. 

Pada kegiatan Urikkes dan Keswa Puanpur saat ini, Rumkital dr Midiyato Suratani Tanjungpinang mengirimkan Tim Urikes Terbaik yang diketuai oleh Kasubbag Rik Umum / Dep Kesla, Mayor Laut (K) dr. Al Afif Lubis, dengan Anggota Lettu Laut (K) Arif Wahyudi, A.Md.Kep, Serka Rum Sugianto, A.Md.Kep, Serka Rum Candi Agus Pratama, Sertu Apm Nur Fajar Trisnanto, dan Serda Mes Sugiharto. (HUMAS MDT)