SEBAGAI WUJUD OPTIMALISASI LAYANAN KESEHATAN BERBASIS TEKNOLOGI, RUMKITAL Dr. MIDIYATO SURATANI ADAKAN RAPAT IMPLEMENTASI SIRS ONLINE DAN KRIS

 

TNI Angkatan Laut. Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani melaksanakan rapat mengenai implementasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Online dan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Acara ini dilaksanakan sebagai wujud dalam mengoptimalkan layanan kesehatan berbasis teknologi, bertempat di Gedung Cagar Budaya Rumkital Dr. Midiyato Suratani Jl. Ciptadi No. 01, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Rabu (31/07/2024)

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakabin Kolonel Laut (K) dr. Arif Supono, Sp.B., Onk., yang mewakili Karumkital Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., serta dihadiri oleh Wakamed Kolonel Laut (K) dr. Ali Setiawan, Sp.B., Para Kadep / Kabag, Dansatma Letkol Marinir Ahmadi, S.Pd., dan para Kepala Ruangan (Karu) Rumkital Dr. Midiyato Suratani.

Pada kesempatan yang berbeda, Karumkital Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Mohamad Sulaiman Abidin, Sp.M., menyampaikan bahwa pentingnya adaptasi teknologi dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan. "Implementasi SIRS Online dan KRIS adalah langkah strategis untuk mempermudah akses informasi, mempercepat proses administrasi dan meningkatkan efisiensi pelayanan di rumah sakit", tutur Karumkital.

SIRS Online adalah sistem yang dirancang untuk mengintegrasikan data pasien, mulai dari pendaftaran, rekam medis, hingga penjadwalan rawat jalan dan rawat inap. Sistem ini memungkinkan akses cepat dan akurat terhadap informasi pasien, sehingga dapat meningkatkan koordinasi antar departemen dan mempercepat proses pengambilan keputusan medis.

Sementara itu, KRIS atau Kelas Rawat Inap Standar adalah standar minimum pelayanan rawat inap yang berhak diterima setiap orang yang membayar iuran jaminan kesehatan. Disarikan dari artikel Sistem Kelas BPJS Kesehatan akan diganti dengan Sistem Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) paling lambat 30 Juni 2025, sistem KRIS akan diterapkan secara bertahap, namun nantinya akan mengganti sistem kelas 1, 2 dan 3 yang saat ini masih diterapkan pada BPJS Kesehatan.

Dengan implementasi SIRS Online dan KRIS, diharapkan Rumkital Dr. Midiyato Suratani dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih efisien, transparan, dan berkualitas dengan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pelayanan kesehatan demi kepuasan dan kenyamanan pasien. (HUMAS MDT)