Talk Show Salam Sehat TV Kepri Dengan Topik Pterygium Dengan Narsum Kabag Penyakit Mata, Letkol Laut (K) dr. Wahju Krisnoto, Sp.M  Klin di RSAL dr. MDTS

Bertempat di Pelataran Penjagaan RSAL dr. Midiyato Suratani, Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepri, telah dilaksanakan kegiatan Talk Show Salam Sehat TV Kepri yang diadakan oleh stasiun televisi milik Pemda dalam naungan Lembaga Publik Penyiaran Lokal (LPPL) bekerja sama  dengan RSAL dr. Midiyato Suratani dengan topik tentang Pterygium, dengan Narasumber Kabag Penyakit Mata, Letkol Laut (K) dr. Wahju Krisnoto, Sp.M  Klin dan Co Host Anggota Humas RSAL dr MDT, Apriana, S.Kep, Ns serta Sdri. Sisca Ramalia S.Pd sebagai Host dari TV Kepri.

Dalam topik tersebut Narasumber menyampaikan beberapa hal diantaranya Pterygium adalah salah satu penyakit mata yang terjadi akibat adanya pertumbuhan selaput jaringan fibrovaskular berbentuk segitiga berwarna merah muda dan muncul pada bagian putih bola mata, penyebab pterygium diantaranya faktor lingkungan, seperti mikrotrauma berulang akibat paparan debu, infeksi virus, seperti human papilloma virus (HPV), dan faktor herediter dilaporkan dapat meningkatkan risiko pterygium, beberapa gejala yang kerap dialami oleh pengidap di awal perkembangannya, seperti muncul garis berwarna pink pada bagian putih mata, mata yang memerah dan iritasi, mata kering yang disertai dengan gatal dan sensasi panas, merasa terdapat pasir atau debu pada bagian mata, mata yang lebih sering berair, pandangan menjadi sedikit buram, gejala yang semakin memburuk ditandai dengan pertumbuhan selaput yang semakin menutupi kornea dan gangguan penglihatan.

Narasumber selanjutnya menjelaskan diagnosis dan pengobatan pterygium Jika gejala masih ringan atau masih tahap awal, umumnya dokter akan memberikan resep obat yang bertujuan untuk mengurangi iritasi atau merah pada mata. Pemberian obat bisa dilakukan seperti dengan obat tetes mata golongan steroid, air mata buatan.

Diakhir pembahasan materinya Narasumber menjelaskan cara pencegahan penyakit pterygium bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam dengan lensa yang mampu menghadang 99–100 persen UV A dan UV B setiap hari jika sedang keluar ruangan dan cuaca sedang panas terik.

Acara pengambilan dokumentasi program Talk Show yang diadakan, untuk mengisi siaran tunda dalam tajuk salam sehat TV Kepri, Sejauh ini dari hasil pantauan, kegiatan acara tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat Kepri dalam memberikan pendewasaan pembelajaran bagaimana untuk mengajak masyarakat berhidup sehat dengan menjaga pola hidup yang sehat. ( HUMAS MDT )