TERJUNKAN PERSONELNYA HADIRI SOSIALISASI JUKNIS TBC MONORESISTAN INH, KARUMKITAL dr. MIDIYATO SURATANI BERTEKAD TUNTASKAN KASUS TBC RESISTAN INH DI PROVINSI KEPRI

TNI Angkatan Laut. Mewakili Karumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., Kasubbag Rik. Umum Mayor Laut (K) dr. Al Afif Lubis, ASN Masriyati, S.Kep., Ns., dan ASN Yeni Antanika, A.Md.Kep, Ikut Sosialisasi Petunjuk Teknis TBC Monoresistan INH, bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Senin (05/12/2022)

Tatalaksana penanggulangan TBC yang resistan obat INH telah dilaksanakan dan ditetapkan menjadi bagian dari Program Penanggulangan TB Nasional. Pada sosialisasi kali ini dibahas tentang alur pengiriman sample untuk pemeriksaan terkini satu monoresistan obat, teknis pengobatan TB yang resistan INH sehingga perlu mendapatkan terapi pengobatan monoresistan INH.

Selain Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Bapak Sri handono SKM., M.Si., diikuti oleh perwakilan setiap Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik Pratama di Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M Kamil, Sp.B., menuturkan, "Keikutsertaan personel Rumkital dr. Midiyato Suratani dalam kegiatan ini sesuai dengan salah satu kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu dimana pun TNI AL berada harus memberikan manfaat kepada rakyat". 

"Dengan adanya sosialisasi ini akan dapat menjadi pedoman dalam penanganan kasus TBC resistan INH bagi seluruh pelaksana program TB sehingga penanggulangan yang komprehensif dengan terapi pengobatan Monoresistan INH dapat ditingkatan dalam rangka mengentaskan kasus TBC resistan INH di Indonesia khususnya di Provinsi Kepri", pungkas Karumkit. (HUMAS MDT)